Pantai Jungwok

Admin 29 Juli 2017 05:10:06 WIB

Gunung Kidul memiliki pantai-pantai berpasir putih yang keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai di Pulau Dewata. Salah satunya adalah Pantai Jungwok. Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, tak jauh dari Pantai Wediombo.

Awal Mula Pantai Jungwok

Pantai Jungwok memiliki latar belakang sejarah yang cukup menarik. Pantai ini dinamai Jungwok karena peristiwa Gunung Manjung yang meletus hanya sekali yakni 400 juta tahun yang lalu. Akibat letusan gunung tersebut, 1/3 bagiannya patah menjadi pulau yang disebut sebagai Pulau Kalong, tak jauh dari Pantai Jungwok. Maka, muncul lah nama Jungwok yakni Jung (Gunung Manjung) dan Wok (Krowok yaitu bahasa Jawa dari patah).

Kedamaian dan Kehangatan Pantai Jungwok

Berbeda dari kebanyakan pantai yang menawarkan watersportnya, Pantai Jungwok tidak memiliki wahana watersport. Namun, hal ini bukan berarti membuat Pantai Jungwok tidak menarik. Pantai Jungwok menawarkan lebih dari sekadar kesenangan, yakni kedamaian. Kedamaian dapat didapatkan pengunjung melalui pasir putih yang luas dan deru ombak yang kencang.

Pantai Jungwok juga dapat membangun kehangatan dengan keluarga dan teman melalui aktivitas Beach Camp. Dengan melewati malam bersama, pengunjung akan menikmati indahnya Pantai Jungwok di malam hari bersama suara ombak dan angin semilir.

Untuk melakukan Beach Camp, pengunjung tidak perlu khawatir mengenai fasilitasnya. Pantai Jungwok juga menyediakan fasilitas persewaan tenda dan beberapa titik kamar mandi. Selain itu, terdapat beberapa warung kecil yang dibuka namun dalam jam buka tertentu. Namun, sangat disarankan untuk membawa perbekalan sendiri.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar