Pantai Wediombo

Admin 29 Juli 2017 05:11:18 WIB

Pantai Wediombo

Di Indonesia, tidak hanya Bali yang terkenal dengan wisata pantainya, tetapi juga Gunung Kidul. Salah satu pantai yang dapat menandingi pantai di Bali, yakni Wediombo. Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Pantai ini cukup popular di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Keindahan alam Wediombo

Pantai Wediombo menjadi salah satu pantai favorit di Yogyakarta dikarenakan keindahan alamnya. Hamparan pasir putih yang luas merupakan salah satu alasan mengapa pantai ini merupakan destinasi wisata yang cocok untuk keluarga maupun teman. Hal itu pula yang menjadi latar belakang penamaan Pantai Wediombo sendiri. Wedi berarti pasir dan Ombo berarti luas dipilih sebagai nama menggabarkan keindahan pantai ini. Selain pasirnya, keindahan  Pantai Wediombo terlihat melalui batu karang yang berjajar di beberapa titik. Biota laut juga menjadi salah satu keindahan Pantai Wediombo. Wilayah pantai ini merupakan wilayah konservasi, sehingga biota lautnya masih terjaga dengan baik hingga sekarang. Untuk melihatnya, pengunjung dapat melakukan snorkeling atau pun diving di waktu-waktu tertentu.

Laguna: Kolam Berendam Alami Wediombo

Wujud keindahan Wediombo yang jarang dapat dijumpai di tempat lain adalah Laguna. Laguna yang terletak di sebelah timur pantai ini merupakan cekungan yang terbentuk dari batu karang. Tempat ini sering disebut sebagai kolam alami karena terbentuk dengan sendirinya. Kedalaman yang hanya berkisar 1,5 meter membuat pengunjung dapat dengan nyaman berendam atau pun snorkeling. Belum lagi warna pemandangan ketika matahari terbenam terlihat cantik dari tempat ini.

 Menunggangi Ombak Wediombo

Selain keindahan, Pantai Wediombo memiliki ombak yang menantang. Ombak ini menunggu untuk ditaklukan oleh para peselancar. Besarnya ombak membuatnya menjadi tempat strategis untuk berselancar di Yogyakarta. Hal ini lah yang menjadi pertimbangan WOSS (Wediombo Surfing Society) ketika menyelenggarakan Jogja Surfing Competition pada 2014. Tidak main-main, kompetisi ini diikuti oleh peselancar dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara. Selain berselancar, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas hiburan lain seperti banana boat.

Fasilitas-fasilitas yang ada di Wediombo pun terbilang cukup lengkap, seperti penginapan, restoran maupun gerai-gerai cendera mata. Akses jalan menuju Wediombo pun terbilang mudah karena jalannya dapat dilewati oleh berbagai kendaraan dan terdapat petunjuk-petunjuk jalan yang tidak akan membuat pengunjung tersesat.

Jadi, ada di urutan keberapa Pantai Wediombo di daftar destinasi wisatamu?

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar