NGURI-URI KABUDAYAN JAWI

Admin 18 Juli 2019 10:18:10 WIB

Pada hari Jumat Legi tanggal : 05 Juli 2019 telah diselenggarakan rasul di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini terselenggara atas kerjasama antara pemerintah desa jepitu dengan masyarakat desa jepitu. Acara ini dihadiri oleh FORKOMPIMCA Kecamatan Girisubo beserta tamu undangan dan warga masyarakat desa jepitu dan sekitarnya. 

Acara Rasul ini merupakan wujud syukur warga masyarakat desa jepitu kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan limpahan rahmatnya serta keselamatan selama setahun ini sehingga masyarakat desa jepitu dapat melaksanakan kegiatan pertanian maupun kelautan tanpa halangan suatu apapun. Hal ini terlihat dari berbagai macam gunungan yang pada kesempatan ini mengambil tema "Palawija". Gunungan ini dibuat oleh para perangkat desa jepitu yang kemudian diarak pada pawai rasul yang mengambil start dipasar palawija dan berakhir dibalai desa jepitu, yang pada malam harinya telah dibuka dengan pentas "Pendopo Kang Tedjo". Setalah selesai pawai gunungan dibawa kedalam balai desa jepitu dengan dilakukan terlebih dahulu prosesi serah terima yang dalam hal ini diserahkan oleh ketua panitia rasul Bapak Sukamdi kepada kepala desa jepitu Bapak Sarwana untuk kemudian dilakukan prosesi kenduri.

Kenduri merupakan suatu adat budaya masyarakat desa jepitu pada khususnya dan masyarakat jawa pada umumnya untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selama pelaksanaan rasul desa jepitu tidak ada halangan maupun rintangan. Prosesi kenduri dipandu oleh ketua adat desa yaitu bapak Sugito. Setelah pelaksanaan prosesi kenduri ini kemudian gunungan diarak keluar dan prosesi ini yang telah ditunggu masyarakkat umum untuk berrebut palawija yang ada dalam gunungan. Dalam hal ini masyarakkt mengharapkan limpahan berkah dan hasil panen pada tahun berikutnya.

Setelah prosesi kenduri selesai kemudian acara inti dimulai yaitu hiburan musik dangdut oleh Om Rositta, Jathilan, serta Reog. Pada malam harinya ditutup dengan menyelenggaran pentas wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Sugiran.

Semoga tahun depan bisa terselenggara acara rasul yang lebih meriah dan semarak lagi didesa jepitu. Warga desa jepitu tetap aman, tentram dan berlimpah rejeki.

 

 

Dokumen Lampiran : NGURI-URI KABUDAYAN JAWI


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar