Daftarkan Diri Anda pada Program Kartu Prakerja

Operator Puskesmas 01 18 April 2020 17:51:03 WIB

Program Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19. Kartu Prakerja diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta dapat meringankan biaya hidup akibat pandemi Covid-19. Secara umum, syarat bagi penerima Kartu Prakerja ini adalah semua warna negara yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah. Meskipun begitu, program Kartu Prakerja ini lebih diprioritaskan kepada kalangan pencari kerja usia muda. Dengan begitu, diharapkan program Kartu Prakerja ini dapat memberikan ruang bagi pencari kerja untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi. Kesempatan ini pun masih terbuka bagi karyawan atau pegawai yang sudah bekerja, maupun pegawai yang mengalami PHK.


Cara Membuat Akun Kartu Prakerja
Pendaftaran Kartu Prakerja bisa dilakukan dengan mudah melalui situs resmi yang telah disediakan pemerintah, yaitu www.prakerja.go.id.
Cara mendaftar Kartu Prakerja ini, dilakukan dengan membuat akun terlebih dahulu. Berikut cara membuat akun Kartu Prakerja yang bisa Anda lakukan.
1. Buka situs www.prakerja.go.id.
2. Masukkan email atau nomor ponsel yang aktif.
3. Klik menu Daftar.
4. Kemudian, pilih metode verifikasi, melalui email atau sms.
5. Setelah itu akan muncul kode verifikasi yang tertera pada email atau sms yang dikirimkan.
6. Masukkan kode verifikasi tersebut.
7. Pendaftaran berhasil. Anda sudah mempunyai akun Kartu Prakerja untuk melakukan langkah pendaftaran selanjutnya

Cara Mendaftar Kartu Pra Kerja
Setelah selesai membuat akun, Anda disarankan untuk melakukan pendaftaran lanjutan untuk menjadi peserta Kartu Prakerja. Cara mendaftar Kartu Prakerja bisa dilakukan sebagai berikut.
1. Lakukan login dengan menggunakan akun yang telah Anda miliki.
2. Klik menu Daftar Kartu Prakerja.
3. Kemudian akan muncul kolom formulir yang harus Anda isi. Segera isi data lengkap Anda sesuai yang dibutuhkan dalam formulir tersebut.
4. Setelah selesai, serta sudah dipastikan data lengkap dan benar. Klik menu Selanjutnya.
5. Kemudian, Anda diminta untuk melakukan Tes Kemampuan Dasar sebagai sayarat yang harus dilalui.
6. Jika Sudah, klik menu Selesai.
7. Setelah selesai, Anda akan menerima notifikasi yang tertera di akun Kartu Prakerja.

Peserta yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS. Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan.
Peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan di platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu: Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.
Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000, yang terdiri dari:
• Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra.
• Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian:
- Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp2.400.000).
- Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp150.000).
Peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya apabila sudah menuntaskan pelatihan yang pertama. Bantuan akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama. Sisa bantuan biaya pelatihan setelah pelatihan pertama dapat digunakan untuk membeli modul pelatihan selanjutnya hingga 31 Desember 2020

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar