Pantai Dadapan

Admin 29 Juli 2017 04:30:51 WIB

Pantai Dadapan merupakan paling kecil diantara pantai lainnya yang berada di Desa Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, D. I. Yogyakarta. Namun, Pantai Dadapan juga menyimpan keindahan dan keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain. Untuk mencapai pantai ini, pengunjung harus melewati jalanan setapak bebatuan. Hal ini dikarenakan adanya larangan kendaraan bermotor untuk menjaga keaslian pantai.

Ketentraman Pantai Dadapan

Pantai Dadapan memang pantai yang cukup kecil dan tidak banyak dikunjungi, namun hal itu malah menjadi keunggulan pantai ini. Sepinya pantai ini dibanding pantai-pantai lain membuat pengunjung merasakan ketentraman dan seolah menyatu dengan alam.

Ketika menginjakkan kaki pertama kali di Pantai Dadapan, pengunjung akan disambut oleh pohon dadap yang membuat hati menjadi sejuk. Selain menambah kesejukan, pohon ini juga bermanfaat untuk mengurangi penguapan air maupun mengurangi angin yang berhembus dari laut ke darat. Adanya pohon dadap yang tumbuh subur di Pantai Dadapan ini juga menambah perlindungan bagi ekosistem di sekitar pantai.

Konservasi Pantai Dadapan

Selain Pantai Wediombo, Jungwok, Sedahan dan Greweng, Pantai Dadapan juga menjadi wilayah konservasi di Gunung Kidul. Yang membuat Pantai Dadapan unik dibandingkan dengan pantai konservasi lain adalah kehadiran penyu pada musim tertentu setiap tahun. Keberadaan penyu  ini menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin tahu mengetahui penyu sekaligus menyelamatkannya.

 

Komentar atas Pantai Dadapan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar